Kekurangan smartphone blackberry yang berakibat mengecewakan user

Kelemahan dan Kekurangan Handphone Blackberry
Kelemahan Blackberry – Inilah ulasan mengenai kelemahan dan kekurangan handphone blackberry dari pengalaman seseorang yang  termuat di id.berita.yahoo.com. Berikut ulasannya yang merupakan kelemahan handphone BB dari handphone yang lainnya baik berupa software dan hardware :

1) Jaringan sering bermasalah
Dua tahun lebih saya menggunakan BlackBerry sebagai perangkat utama, dua tahun pula saya harus berurusan dengan jaringan BlackBerry yang sering kali bermasalah. Entah siapa yang salah — operator lokal atau jaringan BlackBerry — komunikasi melalui BlackBerry Messenger kerap tersendat.

Akibatnya, pesan yang saya kirim lambat sampainya, mengakses Internet pun susah bukan main. Email? Sering tidak masuk.

Padahal sebagai pengguna BlackBerry, koneksi Internet adalah tumpuan utama komunikasi. Tanpa Internet, apa gunanya saya pakai BB? Hampir tidak ada.

2) Ketergantungan pada BBM
Saking banyaknya BlackBerry digunakan, BlackBerry Messenger (BBM) menjadi alat komunikasi utama, menggantikan telepon. Alasannya mudah saja, BBM jauh lebih mudah dan murah dibanding telepon.

Banyak orang menganggap nomor telepon adalah perihal pribadi, namun tidak PIN BBM. Mereka lebih nyaman membagikan PIN BBM daripada memberikan nomor telepon.

Padahal BBM ternyata bukan tanpa cacat. Seperti saya sebutkan di poin satu, BBM juga sering mengalami masalah. Pengiriman pesan di BBM sering mengalami keterlambatan (pending messages) yang membuat gusar, apalagi jika dalam keadaan darurat.

3) Semua benci Broadcast Message
Pernahkah Anda menerima BM berisikan “Test Contact, pls ignore.”, atau “Teruskan pesan ini jika tidak kamu akan melarat seumur hidup”, atau “Add temen aku yah, Joni, 21, ganteng!”?

Entah teknologi yang terlalu canggih, atau masyarakat Indonesia yang terlalu, ehm, kreatif. Fitur Broadcast Message yang memungkinkan Anda mengirim pesan ke seluruh kontak, sering disalahgunakan.

Bagi beberapa orang, mungkin hal semacam ini lucu, tapi saya tidak. Bayangkan bila 10 orang senantiasa terus-menerus mengirim pesan semacam ini setiap hari. Tidakkah kamu merasa terganggu?

Ada yang bilang, smartphone harus dimiliki oleh smart user (pengguna pintar). Namun sayangnya, untuk membeli smartphone orang tidak perlu ikut ujian terlebih dahulu.

4) Spesifikasi perangkat terbatas
Masalah klasik BlackBerry adalah spesifikasi mesinnya yang terbatas. Untuk informasi, seluruh aplikasi di BlackBerry akan disimpan di dalam memori internal, bukan eksternal alias kartu memori.

Bayangkan sebuah mesin yang harus bekerja keras menjalankan begitu banyak aplikasi, namun hanya diberikan kapasitas otak kecil. Tak heran perangkat BlackBerry sering hang, dan kadang terasa panas.

Solusinya adalah mengutak-atik sistem operasi bawaan BlackBerry — dengan mematikan banyak fungsi dan sistem yang sebenarnya tidak dibutuhkan seperti pilihan bahasa, ringtone, dan software bawaan. Teknik yang lebih dikenal dengan nama “shrink OS” ini tidak mudah dilakukan sendiri. Salah-salah BlackBerry kamu bisa mati total.

5) Minim inovasi
Entah karena inovasi dari RIM yang kurang, atau memang kebutuhan pengguna yang tidak meningkat, BlackBerry jarang sekali melakukan inovasi signifikan pada setiap perangkat barunya.

Berbeda dengan kompetitor, RIM seakan sadar betul bahwa tanpa perlu menambah kamera menjadi 10MP, atau kapasitas memori jadi 2GB, pengguna mereka akan tetap setia.

Konsumen BlackBerry umumnya membeli BlackBerry jenis terbaru hanya karena faktor gaya saja. Jarang yang membeli BlackBerry karena prosesornya lebih canggih, atau kameranya lebih bagus, atau OS-nya baru (malah sangat sedikit di antara mereka yang tahu bedanya OS BlackBerry).

6) Fungsinya bisa didapat di ponsel lain
BlackBerry bukan satu-satunya telepon seluler di dunia ini. Bahkan, BlackBerry bukan satu-satunya ponsel pintar. Hampir seluruh fungsi yang dijalankan BlackBerry dapat dijalankan juga di ponsel pintar lain.

Telepon, SMS, email, jejaring sosial, kamera, merekam video, hingga mengedit foto bahkan bisa diproses dengan lebih baik di ponsel pintar lainnya. Sebut saja iPhone yang dapat mengambil foto dengan kualitas lebih tinggi. Dan Samsung Galaxy yang memiliki prosesor dengan kapasitas proses jauh di atas BlackBerry.

Salah satu fitur populer BlackBerry, BBM pun bukan tanpa kompetitor. Di saat RIM masih bergelut dengan lambatnya koneksi lokal, beberapa layanan di luar BBM semakin berkembang. Sebut saja Line, WhatsApp, Skype, KakaoTalk, hingga Yahoo! Messenger.

7) Baterai yang sering lowbat yg hanya mempunyai kapasitas sebesar 1150mAh di blackberry 9300 3G seharus nya suatu hp smartphone harus lebih pintar dalam kapasitas baterai, kenapa?? Karena dengan kapasitas baterai yg besar kita sebagai user dapat menampung aplikasi” yg slalu online yg cukup banyak memakan daya baterai seperti updatean recent update di aplikasi bbm dan aplikasi” lain yg 24jam non stop.

8) Memori external dan internal yang kadang kita sebagai user sangat tidak puas, karena apa?? Karena seharusnya hp smartphone didukung dengan kapasitas memori yg besar layak nya sebuah komputer namun komputer genggaman tangan “smartphone” yg dapat menampung aplikasi” atau file” yg berukuran besar. Tp semua itu hanya mimpi kalau saja blackberry nya sendiri ga ada inovasi yg hanya mengandalkan memori internal sedikit external 2/4 gb dan ram 512mb dan ujung” nya hp bb sendiri yg mengalami error, nghang atau pun lemot karena efek memori yg terbatas kepenuhan file” dan aplikasi” dan yang lebih gawat lagi apabila terjadi mati total alias rusak mau ga mau instal ulang dan file” penting pun hilang beserta contact pin bbm nya kalo ga di backup sebelum nya, dan aga terlalu ribet kalo berurusan dengan hp blackberry.

9) Cashing yang tidak begitu awet contoh saya punya blackberry 9300 3G yg di bagian belakang dipenuhi karet atas bawah kanan kiri, oke maksud nya buat supaya tidak licin namun semua itu tidak akan tahan lama saya punya udh mau setahun lebih satu persatu karet yang ada di cashing mengelupas entah itu kenapa entah kualitas karet yang jelek atau karena penggunaan nya tp yg jelas karet nya tidak awet tidak tahan lama yang semkin lama semakin membuat tampilan hp smartphone blackberry jelek dan ternyata tidak punya saya saja tp punya temen saya juga begitu rata” cashing blackberry yang ada karet nya.

10) Kamera seperti yang sudah dijelaskan di atas teknologi kemera blackberrry tak begitu bagus dengan kamera smartphone kompetititornya sudah sangat ketinggalan seperti iphone 5s samsung galaxy s4 samsung galaxy note 3 sony Z1 nokia lumia 1020 LG HTC dll.

11) Tarckpad, trackball, atau qwerty nya kadang setiap orang ada yg pernah merasakan kendala” seperti trackpad atau trackball yang suka lambat atau tidak sesuai/suka bergerak sendiri alias doll dan qwerty yang susah dipencet atau salah satu huruf ga bisa dipencet.

12) Tampilan layar atau yang monoton ga bisa di ganti apa yg diinginkan hanya bisa diganti dengan thema yg harus di download dahulu.

13) Tidak ada kamera depan kecuali blackberry yg os z10 q10 z30 yg keluaran 2013

14) Suara speaker yang terkadang terdengar pecah tidak cukup baik kurang bersih jika musik mp3 mp4 dimainkan

15) Di World aplikasi blackberry yg seperti nya tak ada inovasi yg hanya begitu” saja tidak seperti kompititor lain nya yang menjajakan bermacam” seperti di google play/play store dan iphone store yang menjajakan media sosial atau instamassegge contoh path, instagram, tumblr, my people, dll.

16) Tidak ada nya fitur game yang menyenangkan menarik berstandar playstasion atau xbox kalau pun ada itu pun biasa atau bawaan dari blackberry nya sendiri dan itu pun membosankan tidak seperti ios android dan windows

17) Paket data blackberry yg telalu mahal yg ada embel” macem” dipisah”in sesuai pemakaian dll.

Seharusnya hp smarthone yang baik dan berkualitas itu harus didukung inovasi” yang kreatif dan membuat bagaimana caranya seorang user tidak mau melepas smartphone dari genggaman nya karena apa?? Seseorang yg mempunyai smartphone dapat memajukan sesorang ke arah positif menjadi lebih smart dengan perkembangan yg serba up to date dan tehnologi yang semakin cepat.  🙂

Masihkah mau memilih hp smartphone blackberry yg begitu” aja kecuali ada inovasi terbaru dan menjanjikan ?? Hehe…

*salam super 🙂

Leave a comment